Pemkab Aceh Tengah Peringati Hari Pendidikan Nasioanal Tahun 2024

64

Takengon – Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, bertempat di Lapangan Setdakab Aceh Tengah, Kamis (02/05/2024).

Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, bertindak sebagai inspektur upacara, pada kesempatan tersebut membacakan sambutan tertulis dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.

Dalam sambutan tersebut disampaikan, bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Salah satu tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajar selama lima tahun terakhir ini ialah pandemi.

”dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis, pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan, dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat,” ujar Mirzuan.

Ia melanjutkan, saat ini ombak kencang dan karang tinggi sudah dilewati bersama. Kini, sudah mulai merasakan perubahan, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang dibangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar.

”kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas, kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya,” kata Mirzuan.

”kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus, dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi,” tegasnya.

Nadim Makarim juga menyampaikan, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Semua yang telah dijalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan.

”saya ucapkan terima kasih banyak atas perjuangan yang Ibu dan Bapak lakukan, dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” ucapnya.

”Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar.” tutup Mirzuan dalam sambutan Menteri Pendidikan RI.

Turut dihadiri Para Unsur Forkopimda Aceh Tengah, Staf Ahli Bupati Setdakab Aceh Tengah, Para Asisten Setdakab Aceh Tengah, Para Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Rektor IAIN Takengon, Rektor Universitas Gajah Putih Takengon, Pimpinan Universitas Muhammadiyah Aceh Kampus II Takengon, Pimpinan Poltekes Kemenkes Aceh Tengah, Ketua MPD, Ketua PGRI, Ketua IGI, Pengawas Sekolah, Ketua K3S SD Aceh Tengah, Ketua MKKS SMP SMA/SMK Aceh Tengah, dan jajaran ASN setdakab Aceh Tengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Aceh Tengah, serta Kepala sekolah, guru, dan siswa SD, SMP, SMA/ SMK, dan SLB di Kabupaten Aceh Tengah. (AS/ProkopimAT)

X